Walaupun Berbeda Metode, Penetapan Awal Puasa Diperkirakan Sama

Dream.co.id
Viaberita.com, Berita - Ramadan tiba sebentar lagi. Awal puasa pun dinanti-nanti. Kerinduan akan hari-hari penuh berkah segera terobati. Ya, pastinya kamu juga nggak sabar kan untuk segera menjalani hari-hari puasa? Sebab nggak cuma lapar dan haus yang bernilai ibadah, tapi juga segala amal perbuatan jadi berlipat pahalanya!

Eits, tapi ngomong-ngomong, kamu sudah pada tahu belum puasa tahun ini bakal dimulai kapan? Biasanya, terjadi perbedaan jadwal awal puasa antara ormas-ormas dan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Tentunya hal tersebut harus dihormati. Namun, jadwal kali ini diperkirakan akan bersamaan antara Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU) dan Kemenag RI.

Meski dilakukan dengan metode berbeda, penetapan awal puasa diperkirakan serempak.

Dilansir dari Republika, Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriyah pada Kamis (17/5) dengan merujuk hasil perhitungan astronomi atau hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Sementara menurut kiblat.net, berdasarkan kalender yang disusun oleh Lajnah Falakiyah PWNU Jawa Timur diperoleh keterangan bahwa Awal bulan Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis (17/5) juga.

Pihak Kemenag sendiri belum menetapkan jadwal tersebut sebab sidang isbat baru akan dilaksanakan pada Selasa (15/5). Namun, menurut Thomas Djamaluddin, Anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag RI, diperkirakan jadwal awal puasa akan seragam.

(kpl/mag)

Sumber : Kapanlagi.com