Macam Macam Fobia Yang Pernah Ada dan Terjadi Di Dunia

Face image created by Freepik

Macam Macam Fobia Yang Pernah Ada dan Terjadi Di Dunia

Viaberita.com, Berita Viral - Penyakit tidak selamanya menyangkut masalah fisik seperti Kangker, Tipes, Demam atau Hepatitis. Namun penyakit yang menyangkut masalah psikologis sering kali menjadi hambatan yang serius. Salah satunya adalah Fobia. Perkembangan Fobia ini lambat laun semakin saja menunjukkan angka yang serius. Termasuk jenis yang cenderung aneh. Namun ini terjadi dibeberapa daerah. Walaupun hal ini terjadi tidak lepas dari pengaruh lingkungan dan interaksi sosial yang dialami oleh individu tersebut.

Penyebab orang menderita fobia pun tidak diketahui dengan jelas, namun sebagian besar disebabkan oleh beberapa jenis trauma. Dan berikut ini lima fobia paling aneh yang pernah diderita manusia di dunia, seperti dilansir dari Wonderlist.

1. Nomophobia

Yaitu ketakutan yang berlebihan ketika tidak bisa atau jauh dari akses menggunakan Telepon Genggam. Penderita ini sering dialami lebih banyak Pria Dewasa. Namun tidak menutup kemungkinan Fobia ini juga dialami oleh Anak kecil.

Di Amerika Serikat 65% orang membawa telpon genggamnya saat tidur. Lebih mengherankannya 1 dari 5 orang mengaku lebih nyaman keluar rumah tanpa mengenakan sepatu dari pada keluar rumah tanpa membawa telepon seluler.

2. Uranophobia

Fobia ini cenderung unik, karena ketika mereka melihat langit maka mereka akan mual karena ketakutan untuk pergi ke surga dan bertemu dengan orang orang yang mereka cintai yang telah meninggal dunia.

3. Papaphobia

Penderita Papaphobia ini akan merasa sesak nafas, ketakutan yang berlebihan, detak jantung yang meningkat, muncul kecemasan ketika melihat Paus atau Kepausan. Tidak hanya Paus saja yang mereka takuti, mereka juga takut dengan Gereja Katolik.

4. Triskaidekaphobia

Fobia yang paling umum dan begitu banyak diderita orang, ketakutan akut pada angka 13. Bagi masyarakat Amerika, angka 13 menjadi angka yang sangat ditakuti. Ada banyak alasan di balik ketakutan ini, salah satunya dari Alkitab. Angka 13 Pada akhir abad ke-19, beberapa orang berpikir bahwa ketakutan terhadap angka 13 dimulai karena Yudas, si orang ke-13 yang bergabung dengan Kristus pada Perjamuan Terakhir telah mengkhianatinya. Selain itu, banyak peristiwa malang juga melibatkan angka 13, sehingga menambah rasa takut.

5. Trypophobia 

Psikiater mengatakan penderita fobia ini akan merasa tidak nyaman dan cemas saat melihat bentuk atau pola menyerupai lubang-lubang kecil, seperti melihat buah stroberi, lubang spons atau benda lain dengan lubang kecil yang berkumpul dan berdekatan.