Chef Handal Paul Bocuse Meninggal Dunia di Umur 91 Tahun

Info Viral Indonesia

Chef Handal Paul Bocuse Meninggal Dunia di Umur 91 Tahun

Viaberita.com, Prancis – Industri kuliner dunia baru saja kehilangan chef handal dan ternama, Paul Bocuse. Para chef pun mengungkapkan bela sungkawa mereka lewat media sosial.

Paul Bocuse meninggal dunia pada Sabtu (20/1) di rumahnya di Collobges-au-Mont-d’Or, Prancis. Semasa hidup, chef 91 tahun ini mempopulerkan konsep “nouvelle cuisine” yang menampilkan hidangan Prancis dengan teknik masak dan tampilan baru.

Para chef dan pakar kuliner dunia menjuluki Paul Bocuse sebagai sosok ‘Paus gastronomi,’ ‘monsieur Paul’ dan ‘chef abad ini.’ Semua berkat kemampuan dan jasa Paul Bocuse dalam mempopulerkan kuliner Prancis.

Ungkapan dukapun datang dari chef ternama dunia. Di Instagram, Alain Ducasse sebagai chef Prancis dan pemilik restoran Alain Ducasse at The Dorchester dengan 3 bintang Michelin menulis, “Mr Paul… Ia adalah mercusuar gastronomi dunia, bintang yang bersinar di langit kita dan di generasi mendatang selama bertahun-tahun yang akan datang.”

Gordon Ramsay melalui akun gordongram di Instagram turut memuji sosok Paul Bocuse. “Paul Bocuse, master kuliner Prancis yang menginspirasi sangat banyak chef di dunia, benar-benar hari menyedihkan untuk dapur di seluruh dunia. Terima kasih chef, beristirahatlah dengan tenang,” ujar Ramsay.

Sementara Anthony Bourdain menuliskan kenangannya bersama mendiang Paul Bocuse. “Mungkin makanan yang paling berkesan di hidup saya adalah bersama pria ini. Rest In Peace “Monsieur Paul.” Dan terima kasih. #BOCUSE,” ungkap pemilik akun Instagram anthonybourdain ini.

Tak ketinggalan, Anne-Sophie Pic, chef restoran Maison Pic berbintang 3 Michelin ikut menuliskan kesedihannya. “Rasa sakitku sangat besar tapi suara batin kecil meringankan kesedihanku… Mr Paul pergi menemui temannya, ayahku Jacques Pic, di atas bintang-bintang di surga berpenghuni chef hebat. Selamat tinggal Mr Paul,” tulis chef perempuan ternama Prancis ini. (SA)