“Gesit” Motor Listrik Ciptaan Anak Bangsa Siap Diluncurkan

Info Viral Indonesia

Viaberita.com, Jakarta – Pabrikan motor terus mengeluarkan type – type terbaruya, segala hal teknologi terbaru terus disajikan untuk menggaet konsumen. Dan sepertinya pabrikan luar negeri harus siap – siap memiliki pesaing baru. Kini Indonesia juga tidak mau ketinggalan dengan adanya tren transportasi berbasis listrik. Yang terbaru, Institut Teknologi Sepuluh November bekerja sama dengan Garasindo Group membuat model motor listrik yang diberi nama Gesits.

Sebelum resmi turun ke jalanan pada 2019, motor karya anak bangsa ini dicoba oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10).

Gesits sendiri merupakan singkatan dari Garasindo Scooter Electric ITS. Gesits mengusung mesin bertenaga listrik dengan daya sebesar 5 KW. Untuk sekali charge, motor listrik ini mampu dikendarai sejauh 80-100 km sehingga lebih efisien ketimbang memakai motor matic bermesin bensin.

Motor listrik Gesits ini juga akan dibekali baterai jenis Lithium Ion yang memiliki daya kapasitas hingga 5.000 WH dengan waktu pengisian antara 3 sampai 4 jam. Untuk pengisian baterainya, Gesits sedang menjalin kerjasama dengan PLN serta Pertamina untuk membangun stasiun pengisian isi ulang baterai di beberapa SPBU.

Untuk masalah harga, dilansir di laman Semisena, diperkirakan motor listrik ini dibanderol dengan harga antara Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. (RF)