Paulo Assim memenangkan Hadiah Sastra Afonso Lopes Vieira 2022

Hiburan

Penulis Paulo Assim memenangkan Hadiah Afonso Lopes Vieira, tahun ini didedikasikan untuk puisi, dengan karya “Lume”, hari ini mengumumkan Câmara de Leiria, promotor kontes sastra.

Paulo Jorge Carreira, penduduk Calvaria de Cima, distrik Batalha, mempresentasikan karya “Lume” dengan nama samaran, yang dianggap juri, dengan suara bulat, sebagai karya terbaik di antara 96 pesaing, yang diajukan oleh para penulis dari Portugal, tetapi juga dari Kanada, Swedia, Prancis, Cape Verde dan Israel.

Puisi Paulo Assim, seperti yang dikenal di dunia sastra, mengungkapkan “kualitas tulisan yang kering dan bersih, disiram api yang diberi makan oleh penulisan puisi”, membela Cristina Nobre, penulis dan peneliti, salah satu anggota dewan juri, yang argumennya dikutip oleh pemerintah kota dalam siaran pers.

Yang juga menjadi bagian dari juri adalah penulis esai Manuel Frias Martins, presiden Asosiasi Kritikus Sastra Portugis, yang menemukan dalam “Lume” “penguasaan bahasa yang baik dan bakat yang sangat menarik untuk konstruksi gambar.

Juri lainnya, David Arede, teknisi unggul dari Departemen Pendidikan Kotamadya Leiria, menyoroti fakta bahwa penyair menggunakan “metafora yang kuat, permainan kata, hiperbola” untuk memberikan “penekanan pada perasaan dan cinta anak muda”, yang dihasilkan dari pembacaan “daya tarik yang konstan terhadap indera”.

Hadiah Sastra Afonso Lopes Vieira, senilai 5 ribu euro, diberikan setiap dua tahun. Edisi berikutnya didedikasikan untuk novel dan cerita pendek.

Penulis novel, cerita pendek dan puisi, Paulo Assim telah melihat tulisannya dibedakan dalam beberapa tahun terakhir, yaitu dengan Paulo Harris (2005), Gaspar Fructuoso (2009), Vila de Fânzeres (2010 dan 2011), Sebastião da Gama (2011), Horácio Bento Gouveia (2012), Manuel Maria Barbosa du Bocage (2013), Fundação Dr. Luís Rainha – Correntes d’ Escritentes d’ Escritura. Luís Rainha – Correntes d’ Escritas (2013), Raul de Carvalho (2013), Soledade Summavielle – Núcleo de Artes e Letras de Fafe (2013) dan Cidade de Almada (2017).