Panduan Al – Quran Dalam Menangkal Hoax dan Doa Nabi Ibrahim Agar Keluarga Taat Beribadah

Info Viral Indonesia

Panduan Al – Quran Dalam Menangkal Hoax dan Doa Nabi Ibrahim Agar Keluarga Taat Beribadah

Viaberita.com, Jakarta – Semakin maraknya berita bohong atau hoax di media sosial (medsos), Wakil Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ibnu Hamad, seperti yang dikutip dari laman mui.or.id, Selasa 28 November 2017, menyebutkan, khususnya kepada Umat Muslim diharapkan menerapkan etika komunikasi seperti yang diajarkan Alquran dalam bermedia sosial. Sehingga, bisa terhindar dari berita-berita hoax.

Karena beberapa ayat dalam Alquran sudah menjelaskan cara komunikasi yang efektif. Alquran mengajak umat Islam berkomunikasi dengan menggunakan data yang jelas

“Panduan Qurani berkomunikasi di media sosial akan efektif menangkal berita hoax. Gunakan data bukan asumsi. Gunakan interpretasi bukan pembenaran. Tarik kesimpulan bukan evaluasi,”sampainya.

Dia mngistilahkan cara komunikasi ini dengan science communication atau komunikasi dengan prinsip ilmiah. Istilah ini, kata dia, sudah dipraktikkan dalam Alquran.

“Alquran sudah terlebih dahulu menggunakan metode science communication, masyarakat ilmiah hendaknya berkomunikasi menggnakan prinsip ilmiah,” tutupnya

Doa Nabi Ibrahim

Dan untuk mereka yang berkeluarga, memiliki istri, suami, atau anak yang taat beribadah tentu menjadi impian. Dengan zaman yang kini banyak menampilkan kemadharatan, sholat menjadi salah satu pengingat agar bisa menghindar.

Serta beribadah kepada Allah SWT merupakan kewajiban setiap manusia. Hanya Allah tempat menyembah dan memohon pertolongan

Agar keluarga taat beribadah, dianjurkan membaca doa di bawah ini. Doa tersebut terdapat dalam Surat Ibrahim ayat 40.

Doa agar keluarga taat beribadah

Rabbij ‘alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii, rabbanaa wa taqabbal du’aa.

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhanku, perkenankanlah doaku.” . (RF)