Politisi Gerindra Nilai Marsekal Hadi Tjahjanto Minim Pengalaman Untuk Jadi Panglima TNI

Info Viral Indonesia

 

viaberita.com, Jakarta – Calon pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, Marsekal Hadi Tjahjanto, dinilai oleh Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani, tidak memiliki prestasi yang luar biasa. Selain itu, Hadi pun dianggap minim pengalaman.

Fraksi Gerindra, ucap Muzani, akan mendalami lagi sosok Hadi dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

“Sebagai KSAU, beliau (Hadi) belum terlalu lama jabatannya di situ. Menurut saya tidak ada prestasi yang luar biasa dan ide-ide yang luar biasa,” ujar Muzani, seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/12).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu sebagai calon pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo ke DPR. Istana menunjuk Hadi sebagai calon orang nomor satu di lingkungan militer lantaran jenderal bintang empat itu dinilai mampu mengemban tugas menggantikan Gatot.

Tapi menurut Muzani, Panglima TNI merupakan jabatan yang sangat strategis. Sosok yang mengisi posisi itu harus mampu mengendalikan seluruh pasukan bersenjata untuk kepentingan negara.

Namun, dia menghormati pemilihan Hadi sebagai calon Panglima TNI karena hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

“Presiden adalah panglima tertinggi yang bisa menunjuk siapa saja menjadi Panglima dan Kepala Staf,” ujarnya.

Di sisi lain, Muzani enggan berkomentar soal motif politik di balik langkah Jokowi menunjuk Hadi. Ia berkata, Gerindra hanya berusaha mendapat kepastian dari Hadi dalam menjaga netralitas TNI ke depan. (RF)